Education

Blog Operator Berisi Mengenai Tutorial Pendidikan

Powered by Blogger.

Saturday, December 26, 2015

Download Aplikasi Analisis Kelulusan Ujian Sekolah Berdasar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Aplikasi Analisis Kriteria Kelulusan dalam Ujian Sekolah (US/M) ini dibuat oleh salah satu Pengawas SD Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang, beliau bernama Pak Endar Kusnandar, aplikasi ini dibuat beliau guna membantu Sekolah dalam melakukan analisis nilai kriteria kelulusan berdasarkan KKM, tampilan kami sajikan, Aplikasi ini dibuat dengan Dasar; Peraturan kepala badan penelitian dan pengembangan kementerian pendidikan dan kebudayaan nomor : 045/h/hk/2015 tentang prosedur operasional standar ujian sekolah/madrasah pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah, sekolah dasar luar biasa, dan penyelenggara program paket a/ula tahun pelajaran 2015/2016
VII. Kelulusan dari ujian sekolah/madrasah dan kelulusan dari satuan pendidikan 
a. Kelulusan US/M 
1. Peserta didik dinyatakan lulus US/M apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan nilai us/m.
2. Kriteria kelulusan US/M ditetapkan melalui rapat pendidik sebelum pelaksanan US/M yang mencakup:
A. Nilai minimal setiap mata pelajaran US/M; dan
B. Nilai rata-rata minimal mata pelajaran US/M.
Untuk menentukan nilai minimal setiap mata pelajaran us/m maka akan lebih bijak lagi sekolah menetapkannya dengan cara menganalisis setiap indikator sesuai dengan perhitungan kriteria ketuntasan minimal (kkm) dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Kriteria kompleksitas:
    a. Tinggi skor: 1
    b. Sedang skor: 2
    c. Rendah skor: 3
     a. Tinggi skor: 3
     b. Sedang skor: 2
     c. Rendah skor: 1
3.  Kriteria daya dukung sarana/prasarana
     a. Tinggi skor: 3
     b. Sedang skor: 2
     c. Rendah skor: 1
4.  Kriteria intake siswa
     a. Tinggi skor: 3
     b. Sedang skor: 2
     c. Rendah skor: 1
Masukkan skor-skor tersebut pada cell  yang sesuai dengan analisis tiap indikator. Maka nilai minimal mata pelajaran us/m secara otomatis akan terisi.

opsmembara adalah blog mengenai tutorial dan pengalaman saya sebagai Operator Sekolah semua kendala dan solusi dapat diselesaikan dengan cara mencoba dan terus belajar.

Back To Top