Education

Blog Operator Berisi Mengenai Tutorial Pendidikan

Powered by Blogger.

Saturday, December 5, 2015

Langkah Memasukkan NISN ke Aplikasi Dapodikdas 4.00

Langkah Memasukkan NISN ke Aplikasi Dapodikdas 4.00 - Kembali lagi dengan kabar selanjutnya mengenai Pengecekan siswa UN untun Tahun Pelajaran 2015/2016 sebagai berikut. Jika anda ingin memasukkan NISN ke aplikasi Dapodik, kuncinya adalah anda harus sudah melakukan Verval PD di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/. Dan jika sudah menyelesaiakn verval PD maka  anda donwload prefill di unduh prefill.

Mari ikuti langkahnya. Langkah Memasukkan NISN ke Aplikasi Dapodikdas ini berdasarkan apa yang telah saya lakukan.


  1. Lakukan verval PD di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/. Pastikan anda melakukan verval terlebih dahulu sebelum konfirmasi agar data diterima.
  2. Silahkan anda tunggu sekitar 24 jam sejak anda verval,  kemudian donload data prefill di unduh prefill. PRefill ini berisi database terbaru yang sudah kita verval, baik dari Dapodik 4.00 maupun dari Verval PD. 
  3. Pastikan NISN sudah masuk di progres pengiriman.  Untuk melihat progress pengiriman silahkan buka disini. Cari sesuai provinsi, kab/kota, kecamatan kemudian unit kerja. Jika NISN sudah masuk di progress pengiriman, kita bisa unduh data prefillnya.
  4. Setelah unduh, simpan di lokasi folder yang anda yakin tidak lupa.
  5. Lakukan uninstal Dapodikdas 4.0.0, caranya Control Panel>> Remove/Unsintal Program>> Dapodikdas. Aplikasi anda sudah hilang dari komputer.
  6. Kemudian copy dan paste data prefill tadi di folder C>> folder prefill_dapodik.
  7. Instal lagi aplikasi Dapodikdas 4.0.0
  8. Lakukan registrasi pada Dapodikdas 4.0.0
  9. Cek di PD, semua siswa sudah terisi NISN.

Untuk rekan operator, yang harus anda ketahui adalah semua data Dapodik sekolah anda tersimpan dalam prefill tadi. Jadi dimana pun anda inngin menggunakan/ mengganti laptop untuk Dapodikdas, jangan lupa memindahkan serta prefill.

Jadi kesimpulannya, untuk memasukkan NISN ke Aplikasi Dapodik, maka anda harus instal ulang program Dapodikdas 4.0.0 anda, lalu memasukkan prefill terbaru di folder C prefill_dapodik. Bagaimana mudah bukan mengenai Artikel yang berjudul "Langkah Memasukkan NISN ke Aplikasi Dapodikdas 4.00"
Semoga bermanfaat.

opsmembara adalah blog mengenai tutorial dan pengalaman saya sebagai Operator Sekolah semua kendala dan solusi dapat diselesaikan dengan cara mencoba dan terus belajar.

Back To Top