Education

Blog Operator Berisi Mengenai Tutorial Pendidikan

Powered by Blogger.

Thursday, January 21, 2016

Langkah Pengajuan NPSN untuk Sekolah Baru/Madrasah

Langkah Pengajuan NPSN untuk Sekolah Baru/Madrasah - NPSN atau singkatan dari Nomor Pokok Sekolah merupakan kode suatu sekolah yang bersifat unik dan untuk membedakan sekolah satu dengan lainnya.

NPSN dikeluarkan oleh PDSK dan diberikan kepada satuan pendidikan kabupaten/kota untuk seluruh wilayah Indonesia.

NPSN dimaksudkan untuk kemudahan dalam pengelolaan data satuan pendidikan Dasar pengembangan NPSN adalah Permendikbud No.99 tahun 2013 tentang “Tata Kelola Teknologi Informasi dan komunikasi di lingkungan Kemendikbud”, Inmen Kemdikbud No.2 Tahun 2011 “Tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan Menteri Pendidikan Nasional”, dan Surat Keputusan Kabalitbang Diknas Nomor 3574/G.G4/KL/2009, Tanggal 22 Oktober 2009 tentang “Nomor Pokok Sekolah Nasional Sebagai Nomor Unik Satuan Pendidikan ” Format NPSN Terdiri dari 8 digit secara acak.

Bagaimana "Langkah Pengajuan NPSN untuk Sekolah Baru/Madrasah", berikut:
  1. Mendaftar dengan cara menghubungi/mendatangi Kementrian Agama yang berwenang di Kabupaten/Kota.
  2. Madrasah Melengkapi semua persyaratan dokumen dll.Persayaran : a. Mengisi Form Pengajuan NPSN, b. Melampirkan SK Operasional Madrasah, c. Melampirkan SK Pendirian Sekolah / Madrasah.
  3. Kementrian Agama Kabupaten/Kota mendaftarkan madrasah tersebut dengan menyerahkan semua dokumen ke Kantor Wilayah Propinsi Kementrian Agama
  4. Kementrian Agama Propinsi Melakukan pendaftaran NPSN baru melalui EMIS ke PDSPK.
  5. PDSPK Menerbitkan NPSN Baru.

Setelah semua proses diatas beres maka PDSPK telah siap menerbitkan NPSN anda dan akan dipublikasikan melalui dirjen pendis kementrian agama.

Secara Alur diagram,  Mekanisme Pengajuan NPSN baru dapat dilihat seperti gambar dibwaha ini :
Mekanisme Pengajuan NPSN
Sekian dari saya mengenai artikel "Langkah Pengajuan NPSN untuk Sekolah Baru/Madrasah" semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini. Jika berminat untuk download "Alur Pengajuan NPSN" file pdf DISINI.

opsmembara adalah blog mengenai tutorial dan pengalaman saya sebagai Operator Sekolah semua kendala dan solusi dapat diselesaikan dengan cara mencoba dan terus belajar.

Back To Top