Education

Blog Operator Berisi Mengenai Tutorial Pendidikan

Powered by Blogger.

Sunday, January 24, 2016

Prediksi OSN IPA SD dan Kunci Jawaban

Prediksi OSN IPA SD dan Kunci Jawaban

  1. Bekecot berjalan menggunakan … (perut)
  2. Bagian mata yang berfungsi membentuk bayangan disebut …… (retina)
  3. Pada manusia, oksigen diedarkan ke seluruh tubuh oleh bagian darah yaitu ......... (eritrosit)
  4. Kamera menggunakan alat optik yaitu lensa. Jenis lensa yang digunakan adalah lensa ......... (cembung)
  5. Alat yang bisa merubah energi gerak menjadi energi listrik disebut ........ (dinamo)
  6. Kelebihan lensa mata dengan lensa buatan manusia adalah ........ (lensa mata dapat membesar dan mengecil/ diatur pembesarannya menyesuaikan kondisi cahaya)
  7. Anak yang meniup seruling, bagian yang menghasilkan bunyi adalah ......(lubang seruling)
  8. Kelinci mengeluarkan suara dengan getaran 23 Hz, Kucing 15 Hz, Gajah 21.000 Hz, dan Badak 400 Hz,  getaran suara hewan yang bisa didengan oleh manusia adalah ............ (audiosonik <20.000 Hz)
  9. Saat Rica mengepel di lantai air cepat masuk ke alat pengepel, hal ini contoh sifat air yang .... (kapilaritas air/ anomali air)
  10. Wortel sangat baik untuk kesehatan mata, wortel menyimpan cadangan makananya di ...... (umbi akar)
  11. Tanaman hias suplir, tanduk rusa, serta tanaman paku berkembang biak secara generatif dengan ... (spora)
  12. Tumbuhan melakukan proses fotosintesis karena memiliki zat hijau daun, pembukus zat hijau daun adalah ..... (mesofil daun)
  13. Dihutan banyak anggrek yang hidup dipohon-pohon besar, hubungan dari dua tumbuhan itu termasuk simbiosis ......... (komensalisme)
  14. Rusa, monyet, sapi, cacing , harimau,  kambing, dan kucing. Hewan-hewan tersebut yang tergolong mamalia adalah ........ (monyet, sapi, harimau, kambing, kucing, rusa)
  15. Jagung, kacang, padi, tebu, jeruk. Dari contoh-contoh tanaman tesebut yang termasuk monokotil adalah ...... (jagung, padi, tebu)
  16. Rayap sering memnjilati ekornya karena terdapat bakteri yang membantuk mencerna makanan. Hal itu merupakan adaptasi ........... (fisiologi)
  17. Semua mahluk hidup melakukan pernafasan, begitu juga dengan tumbuhan. Tumbuhan melakukan respirasi melalui ...... (lentisel daun)
  18. Proses pembakaran sari-sari makanan pada tubuh yang dilakukan oleh oksigen disebut ............ (katabolisme)
  19. Semakin pendek lengan beban, maka gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat beban semakin ...(besar)
  20. Alat yang digunakan untuk mengukur hambatan, kuat arus, dan tegangan listrik disebut ..... (ohmmeter, amperemeter, voltmeter)
  21. Apabila magnet batang jatuh pada campuran tanah dan pasir maka sebagian tanah dan pasir yang menempel pada magnet kemungkinan mengandung .............(magnet)
  22. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan bidang miring, karena memiliki keuntungan yaitu ... tetapi di lain sisi juga ada kerugiannya yaitu... (mempermudah pekerjaan manusia, dapat melukai manusia)
  23. Katak dewasa memiliki system pernafasan yang menggunakan ……… dan ………… sedangkan berudu menggunakan alat pernafasan yang disebut .........(kulit dan paru-paru, insang)
  24. Rica suka sekali makan buah-buahan, di antaranya jeruk, semangka, jambu biji, pepaya dan tomat. Dari buah-buahan tersebut yang banyak mengandung vitamin pencegah sariawan gusi atau sariawan usus adalah .... dan ... (jeruk, tomat)
  25. Sendi atau hubungan antar tulang yang memungkinkan terjadinya gerakan misalnya hubungan antar tulang gelang bahu dan tulang lengan atas disebut sendi …. (sendi peluru)

opsmembara adalah blog mengenai tutorial dan pengalaman saya sebagai Operator Sekolah semua kendala dan solusi dapat diselesaikan dengan cara mencoba dan terus belajar.

Back To Top