Education

Blog Operator Berisi Mengenai Tutorial Pendidikan

Powered by Blogger.

Monday, February 22, 2016

Download Kisi-Kisi Ujian Sekolah Bahasa Jawa Kelas 6 SD TA 2015/2016

KISI-KISI UJIAN TULIS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran
:  BAHASA JAWA

Alokasi Waktu
:  120 menit

Jumlah Soal
:  50 Soal

Bentuk Soal
:  a. Pilihan Ganda
: 35 Soal

   b. Isian
: 10 Soal

   c. Uraian
:   5 Soal







No.
Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas/
Smt
Indikator
No. Soal
1.
 3.  Membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan berbagai bentuk bacaan secara tepat.
3.2  Membaca pemahaman.

IV/1

·      Disajikan dua paragraf bacaan, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan menggunakan kata tanya “apa”.
1

3.1  Membaca indah geguritan.
IV/1
·      Disajikan satu bait geguritan, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung dalam geguritan.
2
2.
4.  Menulis menggunakan huruf Latin dan Jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.
      

    
4.2  Menulis pengumuman.



IV/1


·      Disajikan  sebuah kalimat, siswa dapat menentukan sinonim dari salah satu kata dalam kalimat.
·      Siswa dapat menentukan penulisan kalimat berita yang benar.
3

4
4.1    Menulis kalimat dengan huruf Jawa dengan sandhangan panyigeg dan wyanjana.
IV/1



·      Siswa dapat menentukan penulisan sebuah kalimat tanya dalam huruf Jawa yang menggunakan sandhangan panyigeg atau  wyanjana.
5



3.
 7.  Membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan berbagai bentuk bacaan secara tepat.
7.2   Mengapresiasikan tembang  Macapat.
IV/2
·      Disajikan satu bait tembang Pocung siswa dapat menjawab teka-teki dalam tembang Pocung tersebut.
6
4.
8.  Menulis menggunakan huruf
     Latin/ Jawa sesuai aturan
     serta dapat menggunakan dalam
     berbagai keperluan.
8.2  Menulis disposisi.
IV/2
·      Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan menggunakan tembung wilangan.
7
5.
 3.  Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca.
3.1  Membaca indah/ melagukan tembang Macapat.
V/I

·      Disajikan tembang macapat “Sinom”, siswa dapat menentukan guru lagu dan guru wilangan pada salah satu gatra.
8

3.2  Membaca pemahaman.


·      Disajikan sebuah paragraf bacaan dengan tema “Kepahlawanan” siswa dapat menentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “dimana”.
9
3.3     Membaca cepat tulisan  huruf Jawa.

·      Disajikan sebuah kata yang mengandung suku kata re/ le, siswa dapat menentukan penulisan dengan huruf Jawa yang benar.
10
6.
4.  Mengungkapkan gagasan, pendapat dalam berbagai  ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa (paramasastra) dengan huruf Latin/ huruf Jawa.
4.1     Menulis kalimat dengan basa rinengga.


V/I
·      Siswa dapat melengkapi kalimat dengan tembung panyandra perangane awak.
11
·      Siswa melengkapi kalimat rumpang dengan tembung pepindhan yang tepat.
12
4.1     Menulis dengan huruf Jawa menggunakan pasangan ha sampai la.
V/I
·      Siswa dapat menentukan penulisan kalimat dalam huruf Jawa yang menggunakan pasangan ha sampai dengan la.
13
7.
 7.  Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca.
7.1  Membaca indah geguritan.


V/II
·      Disajikan sebuah teks geguritan , siswa dapat menentukan latar tempat/ waktu kejadian dalam geguritan tersebut.
14

8.
8.       Menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai kaidah bahasa Jawa.

8.2     Mengapresiasi cerita rakyat / dongeng.



V/II
·      Disajikan penggalan cerita rakyat/ dongeng setempat yang umum dikenal, siswa dapat :
-        menentukan tokoh utama.
-        menentukan watak/karakter salah satu tokoh.


15
16
8.1     Menulis kalimat dengan huruf Latin dan huruf Jawa dengan menggunakan pasangan pa sampai nga.
V/II
·      Disajikan sebuah kalimat yang rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata yang menggunakan seselan       -um-/ -in- yang tepat.

17

8.3  Menulis karangan.
V/II
·      Disajikan sebuah paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
18

9.
2.    Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan serta perasaan menggunakan tata krama basa Jawa (unggah-ungguh).
2.2  Melakukan wawancara.
VI/1
·      Disajikan sebuah kalimat wawancara rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata dalam basa ngoko.
·      Siswa dapat memilih kalimat tanya yang tepat untuk wawancara mengenai perjuangan.
19

20
10.
4.    Menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan teknik membaca.
4.1  Menulis karangan.
VI/1
·      Siswa dapat melengkapi sebuah kalimat dengan tembung saroja yang tepat.
21
11.
3.  Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca.
3.1  Membaca pemahaman.
VI/1
·      Disajikan teks bacaan sederhana bertema “bencana alam”, siswa dapat:
-        menentukan judul bacaan yang tepat.
-        menentukan kesimpulan isi bacaan.


22
23
3.2  Membaca indah geguritan.
VI/1
·      Disajikan teks geguritan sederhana bertema “bencana alam”, siswa dapat :
-        menentukan isi geguritan.
-        menjelaskan arti salah satu kalimat dalam geguritan.


24
25
12.

4.       Mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1  Menulis karangan.
VI/1
·      Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan paribasan yang tepat.
·      Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menentukan paribasan yang sesuai.
26

27
4.2    Menulis kalimat berhuruf Jawa.
VI/1
·      Siswa dapat menentukan penulisan kalimat dengan huruf Jawa.
28
13.
6.       Mengungkapkan  pikiran, pendapat, gagasan serta perasaan menggunakan tata krama basa Jawa (unggah-ungguh).
6.3     Menyampaikan pesan/ informasi yang diperoleh dari nara sumber.
VI/2
·      Siswa dapat mengubah kalimat tidak langsung (ukara crita) menjadi kalimat langsung (ukara kandha).
·      Siswa dapat mengubah kalimat aktif (ukara tanduk) menjadi kalimat pasif (ukara tanggap).
29

30
14.
7         Membaca dan memahami ragam teksbacaan dengan berbagai teknik membaca.
7.3     Membaca indah/ melagukan tembang Macapat.  
VI/2
·      Disajikan deskripsi paugeran tembang Macapat, siswa dapat menentukan nama paugeran tersebut.
31
15.
8         Menulis karangan menggunakan gagasan, pendapat untuk berbagai keperluan dengan huruf Latin/ huruf Jawa secara tertulis.
8.2   Menulis karangan.
VI/2
·      Siswa dapat melengkapi kalimat parikan.
·      Siswa  dapat menentukan wasesa  kalimat.
32
33
16.

6.       Mengungkapkan pikiran, pendapat,  gagasan,  serta perasaan menggunakan tata krama basa Jawa (unggah-ungguh).   
6.1   Berpidato/memberi sambutan berbagai acara di sekolah.

VI/2
·      Disajikan teks pidato rumpang pada bagian penutupnya, siswa dapat :
-        menentukan isi pidato.
-        melengkapi kalimat penutup pidato.


34
35
17.
2.       Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat yang benar sesuai dengan tata krama .
2.1     Bercerita tentang pengalaman yang menarik dengan unggah-ungguh basa yang baik.
IV/1
·      Disajikan sebuah kalimat basa ngoko, siswa dapat mengubah sebuah kata menjadi basa krama.
36
18.
8.       Menulis menggunakan huruf Jawa/ Latin sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.
8.1     Menulis kalimat dengan huruf Jawa yang mengandung ater-ater dan panambang.
IV/2
·      Disajikan satu kata dalam huruf Jawa yang mengandung ater-ater dan panambang, siswa dapat mengubah dalam huruf latin.  
37
19.
3.       Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca.
3.1     Membaca indah/ melagukan tembang Macapat.


·      Disajikan satu bait tembang Kinanthi, siswa dapat menyebutkan guru gatranya.

38


3.2     Membaca pemahaman.

V/1

·      Disajikan sebuah paragraf bertema “budaya”, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi paragraf.
39

20.
4.       Mengungkapkan gagasa, pendapat dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa (paramasastra) dengan huruf Latin/huruf Jawa.
4.2     Menulis dengan huruf Jawa menggunakan pasangan ha sampai la.
V/1

·      Disajikan sebuah kalimat pendek, siswa dapat menulis dengan huruf Jawa yang menggunakan pasangan.
40
21.
3.       Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca. 

3.1     Membaca pemahaman. 

VI/1
·      Disajikan satu paragraf cerita wayang Pandhawa, siswa dapat menentukan tokoh utama dalam cerita.
·      Siswa dapat melengkapi kalimat dengan nama lain dari salah satu tokoh Pandhawa.
·      Disajikan sebuah gambar tokoh wayang, siswa dapat menentukan nama tokoh.
41

42

43
22.
8.       Mengungkapkan gagasan, pendapat untuk berbagai keperluan dengan huruf Latin dan huruf Jawa.
8.1    Menulis surat pribadi.

8.2    Menulis karangan.
VI/2
·      Disajikan contoh surat, siswa dapat menyebutkan jenis surat tersebut.
·      Siswa dapat melengkapi kalimat dengan tembung entar.
44

45
23.
8.       Menulis menggunakan huruf Latin/ Jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.
8.2  Menuliskan disposisi/ cara membuat sesuatu atau langkah.
IV/2
·      Disajikan gambar sebuah benda, siswa dapat menentukan langkah-langkah pembuatan dalam 4 (empat) kalimat yang runtut.
46
24.
8.       Menuliskan karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah bahasa.
8.3  Menulis karangan.
V/2
·      Disajikan 4 (empat) kalimat acak, siswa dapat mengurutkan menjadi paragraf yang padu.
47
25.
7.       Membaca dan memahami teks bacaan dengan berbagai teknik membaca.
7.1    Membaca indah/ melagukan tembang Macapat.
VI/2
·      Siswa dapat menulis kalimat cangkriman yang berupa tembang Pucung beserta batangannya.
48
26.
4.       Mengungkapkan gagasan, pendapat dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa (paramasastra) dengan huruf Latin/ huruf Jawa.
4.1    Menulis kalimat dengan basa rinengga.
VI/2
·      Siswa dapat menuliskan satu contoh kalimat purwakanthi.

49



27.
3.       Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca
3.3  Membaca indah geguritan
VI/ 1
Disajikan satu bait geguritan bertema pendidikan, siswa dapat membuat parafrasenya.
50



opsmembara adalah blog mengenai tutorial dan pengalaman saya sebagai Operator Sekolah semua kendala dan solusi dapat diselesaikan dengan cara mencoba dan terus belajar.

Back To Top