Education

Blog Operator Berisi Mengenai Tutorial Pendidikan

Powered by Blogger.

Monday, July 18, 2016

Solusi Agar Laptop atau Komputer Ringan Digunakan Untuk Aplikasi Dapodik Terbaru

Solusi Agar Laptop atau Komputer Ringan Digunakan Untuk Aplikasi Dapodik Terbaru - Sangat penting sekali dalam penentuan Kinerja Laptop/Komputer Kita, jadi ada baiknya selagi masih belum sibuk dan aplikasi Dapodik Terbaru belum release, kita bersihkan dulu Laptop/Komputer kita dari segala macam penyakit khususnya Penyakit LEMOT.

1. Bersihkan Riwayat, cache Browser Internet; 

Jika kita sering Internetan, maka membersihkan browsur secara berkala sangat dianjurkan. Ini untuk menghindari penumpukan file sampah yang berlebihan. Jika dibiarkan saja, maka bersiaplah untuk menggunakan PC lemot. Oleh karena itu, pastikan kita melakukannya secara berkala. Bagi yang belum tahu caranya, bisa mengikuti langkah­-langkah cara membersihkan riwayat di browser google chrome. Buka browsur internet, tekan tombol keyboard "CTRL+H". selanjutnya klik "clear browsing data". lalu pilih "the beginning of time", centang data­-data penelusuran yang akan dihapus, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini

CTRL+H lalu klik Clear Browsing Data

the beginning of time


2. Bersihkan Disk Drive PC/LAPTOP 


Banyak data­ sampah tidak berguna yang tersimpan di riwayat disk drive komputer seperti riwayat program download, temporary Internet file, recycle bin, tumbnail, sistem error dan lainnya. Untuk itulah  perlu melakukan clean up disk pc. Biasanya PC yang tidak pernah di clean up sering hang dan kerjanya makin lemot. Yang paling parah lama kelamaan rusak karena kelebihan beban memory. Jika belum tahu cara membersihkan disk drive PC. Silahkan ikuti langkah­-langkah di bawah. 

----> Klik menu "start", 
----> Pada kotak "search program and files" 
----> Ketikkan "disk cleanup" lalu tekan tombol enter. 

Pada tab baru yang muncul pilih drive yang akan di bersihkan (misal : D) lalu tekan tombol OK. Seperti gambar di bawah. 


Selanjutnya, tunggu proses scanning file sampai muncul tab clean up system file. Pilih file sampah yang akan didelete, seperti gambar di bawah lalu tekan tombol ok. Nah jika ingin menghapus drive lain tinggal ulangi langkah-­langkahnya dari awal. 



3. Lakukan Disk Defragmenter Komputer; 


Fungsi dari Program defragmenter ini adalah menjaga kesetabilan kinerja komputer, karena dengan program ini system error yang ada di PC akan di fix, baik itu hardisk dan juga program lainnya. Sudah tahu caranya ? Nah bagi yang belum tahu ikuti panduannya di bawah ini ! Sama halnya dengan cara cleanup Drive PC, ketikkan disk defragmenter di kotak search lalu tekan enter. selanjutnya pilih disk yang akan di defrag lalu klik "Defragment Disk". Biasanya bila PC yang belum pernah di defragment akan memakan waktu cukup lama, jadi tunggulah sampai selesai. 


4. Biasakan Menyimpan File Di Disk D; 


Jika terbiasa menyimpan file di Disk C, maka ubahlah cara tersebut dan simpanlah file ke Drive D, karena dengan cara inilah PC akan bekerja lebih cepat. Disk C memiliki RAM yang lebih kecil dibandingkan D, jadi semakin banyak file menumpuk di C, maka Bertambah pula kelemotan PC. 



5. Hapus Program Yang Tidak bermanfaat; 

Terlalu banyak program di PC juga akan berpengaruh dengan kecepatan PC. Jadi, saran saya Uninstall saja program yang tidak berguna agar nantinya tidak menambah beban di RAM PC. Untuk cara menghapus program PC, saya yakin pasti sudah tahu kan ? karena sangatlah mudah. 


6. Gunakan Anti Virus Microsoft Essential; 


Salah satu cara agar PC tidak lemot ialah menggunakan Anti virus yang ringan dalam artian tidak akan menghabiskan banyak memory PC. Alternatif yang sampai sekarang masih saya gunakan ialah anti virus Microsoft essentials. Nah bagi yang ingin mencobanya silahkan download di website resmi microsoft essentials (http://windows.microsoft.com/en-us/windows/security-essentials-download). Namun bagi  yang masih ragu dengan keamanannya silahkan saja downlaod anti virus lainnya seperti AVG, AVIRA dan sebagainya. 

Demikian Sahabat Pendidikan, semoga bermanfaat bagi kita semua, Solusi Agar Laptop atau Komputer Ringan Digunakan Untuk Aplikasi Dapodik Terbaru

opsmembara adalah blog mengenai tutorial dan pengalaman saya sebagai Operator Sekolah semua kendala dan solusi dapat diselesaikan dengan cara mencoba dan terus belajar.

Back To Top