Education

Blog Operator Berisi Mengenai Tutorial Pendidikan

Powered by Blogger.

Tuesday, December 29, 2015

Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Terpadu Serta Karakteristiknya

APA ITU PEMBELAJARAN TERPADU ?

Sebelum kita beranjak apa itu pembelajaran terpadu, perlu kita ketahui apa itu kurikulum terpadu.
Kurikulum terpadu adalah kurikulum yang menggabungkan sejumlah disiplin ilmu melalui pemanduan isi, keterampilan dan sikap. (Wolfinger 1994:133) sedangkan pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan mata pelajaran untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi anak. artinya, pembelajaran ini menekankan pada pembelajaran langsung yang memusatkan pada suatu tema bukan pada mata pelajaran tertentu yang berfungsi agar siswa lebih fokus terhadap konsep yang dijelaskan guru bukan fokus terhadap salahsatu mata pelajaran melainkan pada tema yang mempersatukan mata pelajaran.

Fungsi pembelajaran terpadu sebagai dirrect experience atau pengalaman langsung di sekolah dasar adalah untuk mengembangkan pola pikir anak yang masih terbatas dengan beban kerja dan kapasitasnya.

lalu, bagaimana seharusnya proses pembelajaran terpadu dilaksanakanan?
pembelajaran terpadu  dikatakan sukses apabila si anak didik/siswa mampu melaksanakan pengalaman pembelajaran yang alamiah dan langsung dengan mengembangkan pengalaman sistem sensorik yang membentuk dasar kemampuan pembelajaran abstak siswa, jadi si siswa tidak hanya merespon apa yang di tanyakan guru, melainkan melakukan apa yang ingin dia ketahui tanpa paksaan guru, guru hanya sebagai media pelantara saja. dengan cara seperti itu pembelajaran menjadi bermakna maksud bermakna disini artinya dapat diingat siswa, menyenangkan dan berhasil deh pokoknya.

Sebagai contoh, anda pasti ingatkan ketika anda waktu SD sedang mengerjakan soal ke depan atas kepintaran anda sendiri/ naluri alamiah anda sendiri. anda ingat sampai anda sudah besar. nah itu adalah pembelajaran yang bermakna.

Setelah dijelaskan tentang apa itu pembelajaran terpadu, pasti anda telah mengetahui sedikitnya tentang karakteristik pembelajaran terpadu tersebut, berikut di antara lain :
  1.  Pembelajaran terpadu memberikan pengalaman langsung (direct experience), guna dari direct experience ini adalah siswa mampu menghadapi pembelajaran abstrak. Dalam pembelajaran terpadu dipelajari konsep konsep konkret yang terdapat dalam tema menuju ke konsep konsep yang abstrak.
  2. Pembelajaran terpadu merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) guru hanya sebagai fasilitator saja, sehingga memungkinkan siswa menjadi lebih aktif dalam belajar berbeda dengan pembelajaran konvensional terkadang guru yang aktif siswa hanya disuapi saja.
  3.  Konsep-konsep dibuat kompleks dari konsep nyata ke abstrak, dari tema tema yang paling dekat menuju ke tema yang lebih umum sehingga dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari hari.
  4.  Pergantian antar mata pelajaran dalam pembelajaran terpadu kadang tidak terlihat, guru berfokus pada tema yang akan diberikan.
  5.  Pembelajaran terpadu bersifat fleksibel atau luwes. Dikatakan fleksibel karena dalam satu tema yang diajarkan mampu dihubungkan oleh beberapa mata pelajaran tergantung konteks tema tersebut.
Dari karakteristik atau ciri-ciri diatas, dapat kita simpulkan bagaimana kelebihan dan kekurangan pembelajaran terpadu tersebut.
  • Kelebihan
  1. Pembelajaran akan lebih bermakna karena pembelajaran berpusat pada siswa (studi centered)
  2. Pembelajaran akan selalu relevan/sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik
  3.  Menumbuhkan keterampilan keterampilkan sosial seperti tolong menolong, toleransi, kerjasama dan saling menghargai.
  4. Kegiatan pembelajaran sesuai minat dan kebutuhan peserta didik
  5. Menyajikan topik pembelajaran yang pragmatis sehingga siswa berlatih untuk  memecahkan masalah siswa dilingkungannta.
  6. Meningkatknya kemampuan berpikir siswa.
  • Kekurangan

opsmembara adalah blog mengenai tutorial dan pengalaman saya sebagai Operator Sekolah semua kendala dan solusi dapat diselesaikan dengan cara mencoba dan terus belajar.

Back To Top