Education

Blog Operator Berisi Mengenai Tutorial Pendidikan

Powered by Blogger.

Wednesday, January 20, 2016

Langkah Mengatasi Dapodikdas "Error Subyek Tidak Ditemukan" dan Muncul "Genap / Nan"

Langkah Mengatasi Dapodikdas "Error Subyek Tidak Ditemukan" dan Muncul "Genap / Nan"


Haduuuhhh... ini gimana sih?? Kok aplikasi dapodikdas 2013-nya error kayak gini... haduuuhhh... mungkin itulah beberapa kalimat yang seringkali diucapkan oleh temen-temen operator yang mendapati aplikasi dapodikdasnya eror setelah memasang patch versi 2.0.4. dari beberapa kasus yang aku temui (tepatnya sih si kasus yang nemuin aku. Lha temen-temen yang pada kena gagal patch pada dateng dan sambat kok. Padahal aku juga sedang sambat karena sama-sama bingung dengan mereka..), sebagian mengalami peristiwa gagal patch itu..
Memang, ketika kita sudah menambahkan patch versi 2.0.4, aplikasi kita sering mengalami gagal patch. Gejalanya sih bisa dilihat dengan jelas. Mulai dari batuk-batuk, meriang, demam, sampai juga kadang disertai mencret-mencret... hooeeee!!! Kita bicara tentang gagal patch kanggg!!! Bukan penyakit rabiessssss!!! Ups... maaf-maaf, terbawa suasana. Kembali lagi ke permasalahan yang kita hadapi, yakni gagal patch. Memang, ini ada beberapa tanda yang bisa kita lihat. Mulai dari aplikasi yang gak bisa login (dialami oleh Bapak Wahyu Susanto, operator dari SDN Candimulyo), kemudian juga ada yang menandai gagalnya si Patch dengan tidak mau membukanya aplikasi (dialami oleh operator yang berasal dari SDN Menoro) sampai, kasus yang terbanyak aku temukan adalah, setelah di patch, ternyata muncul keterangan “Error Obyek tidak ditemukan” dan juga di layar login, pada bagian semester kolomnya tiba-tiba berubah menjadi “Genap / nan”. (ini dialami oleh mas Su’ali operator dari SDN 1 Mojosari, Pak Juri dan bu Mun dari SDN 2 Sidomulyo, Pak Ahmad dari SDN 2 Karas, dan beberapa korban kebiadaban dari gagal patch lainnya yang tidak bisa aku sebutkan satu persatu)
Nah, setelah browsing-browsing, mencari pemecahan dari permasalahan tersebut, aku akhirnya menemukan beberapa cara. Yang pertama adalah dengan cara sebelum login, kita diminta untuk memencet tombol F5 atau Fn+F5 (force refresh). Tapi, sampai tanda F5 nya tuh laptop terkelupas plus bengkak-bengkak, ternyata hasilnya masih tetep Error subyek tidak ditemukan dan semester genap/nan.
Cara kedua, lebih intelek lagi. Yaitu dengan cara kita menggantikan file config.php yang ada di local disc C/program file/dapodikdas/dataweb/apps/app/config.php dengan file config.php baru hasil downlodan kita dari internet. Namun, setelah aku coba, ternyata hasilnya juga masih saja setia muncul error dan periode semesternya tertulis genap/nan.  Nah... kalo sudah gitu, putus asa kan pasti temen-temen operator??? Jalan terakhir mungkin yang akan temen-temen tempuh adalah dengan cara instal ulang aplikasi dengan konsekuensi akan mengulang dari awal lagi entry datanya.. ( karena walaupun sudah di back up, tapi ketika back up tadi temen-temen kembalikan lagi ke aplikasi yang baru kita instal, maka layar yang ada akan tetap menampilkan tulisan error...)
Kalo itu masih terjadi, ada baiknya temen-temen mengikuti tips ini. Ini tanpa sengaja aku coba di laptopnya pak Juri pada 2 desember lalu, dan ternyata alhamdulillah bisa berjalan dengan lancar. Semula, ini hanyalah coba-coba, namun ketika aku aplikasikan ke paling tidak 5 laptop, semuanya berjalan, dan yang terpenting, data yang sudah di entry tidak akan hilang. Oke, kita mulai saja....
1.     Ucapkan Bismillah. Atau berdoalah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
2.    Siapkan cemilan, yang doyan kopi ya mesen kopi dulu. Yang gak doyan ya gak usah pesen. siapkan teh manis aja....
3.    Back up data aplikasi temen-temen.
Untuk yang belum bisa melakukan back up data, begini nih caranya..
a.    Jalankan Run (lambang windows+R) atau ketik langsung services di kolom pencarian windows 7 seperti ini..
Services.....

 b.    Cari dapodikdasDB dan dapodikdaswebsrv. Kemudian pilih stop pada kolom kirinya.
Matikan servis untuk 2 item ini....
c.    Masuk ke local disk C/program files/dapodikdas
d. Copy folder database dan data web, dan amankan di drive lainnya. Ingat, 2 folder ini akan kita gunakan lagi nanti. (back up ini njagani kalo komputernya kenapa-kenapa. Biasanya komputer atau laptop yang lebih mahal dan lebih bagus dari laptopku yang ketinggalan jaman ini kenapa-kenapa lhooo... :P)
Amankan 2 folder ini....

4.  Setelah proses back up selesai, maka untuk tahap selanjutnya adalah kita uninstal dulu aplikasi dapodikdas yang ada. Pasti sudah pada bisa uninstal kan?? Yang lewat control panel itu lhoooo... di panduan kan juga udah ada... (biar singkat aja artikel ini... udah agak-agak pening ini gara-gara jemuran belum pada kering, ujan udah turun lagi... huhuhuhuu)
5.  Selesai uninstal, maka tahap selanjutnya adalah, instal kembali aplikasi dapodik temen-temen. (waktu pelatihan kan pasti juga sudah diajari caranya instal aplikasi dapodikdas kan??). tunggu sampai proses instalasi selesai.
6.  Setelah instalasi selesai, maka, matikan dulu sistem servicesnya lewat “run” (seperti di item nomor 2)., dan stop servis untuk dapodikdas serta dapodikwebsrv.
7. Setelah selesai, teman-teman masuk ke local disk C/program files/dapodikdas/dataweb. Teman-teman akan mendapati 2 folder, yaitu folder “apps” dan folder “synch”
8.    Copy folder “apps” beserta isinya dan amankan karena nanti folder ini akan kita butuhkan kembali.
Amankan folder apps di intalan aplikasi yang baru...

9. Selesai mengkopy folder “apps”, maka selanjutnya buka drive tempat teman-teman menyimpan back up data dapodik tadi (yang isinya 2 folder bernama database dan data web), copy folder tersebut dan pastekan kembali di local disk C/program files/dapodikdas untuk menggantikan folder yang sudah ada. Tunggu sampai proses penggantian selesai.
Kembalikan Back Up data aplikasi yang lama di 2 folder ini ke aplikasi dapodikdas yang baru....

10. Apakah sudah selesai??? Sabaaaarrr... bentar lagi koookkk. Setelah selesai mengkopy 2 folder tersebut, maka, waktunya kita mengembalikan folder “apps” yang sudah kita kopi tadi ke tempatnya lagi. Yakni ke local disk C/program files/dapodikdas/dataweb. Pastekan saja disana.
Kembalikan folder apps yang kita kopi tadi....
11.  Jalankan lagi servis untuk aplikasi dapodikdas (menggunakan cara seperti item ke 2. Cuma, bedanya, sekaran kita pencet yang biru-biru tulisan “start”)
12. Jalankan patch dapodikdas 2.0.4, tunggu sampai selesai.
13. Jalankan aplikasi dapodikdas... dan thataaaaaaaaa...... errornya ilang, semester genap/nAn nya udah ilang... dan temen-temen bisa melanjutkan entry datanya lagi, dengan aplikasi dapodikdas yang udah upgrade ke versi 2.0.4
Tampilan Normal aplikasi dapodikdas....



Siap untuk mengentry data lagi....
     
Oke, semoga bisa membantu teman-teman... jika ada kesulitan, silahkan menghubungi admin disini ya... bisa lewat fb M Fuad Shulkhan Tsania, atau ke kontak yang lain... hehehehehe. Semoga berhasil....
NB. jika setelah proses tersebut ada permintaan untuk registrasi lagi (ada keterangan user tidak terdaftar, dapat diakali dengan mengkopi file "apps" dari laptop teman anda yang aplikasinya tidak mengalami kendala gagal patch..)
Untuk Versi terbaru, yang mengalami gejala-gejala aplikasi dapodikdas error, bisa mengatasinya dengan cara yang lebih mudah di

opsmembara adalah blog mengenai tutorial dan pengalaman saya sebagai Operator Sekolah semua kendala dan solusi dapat diselesaikan dengan cara mencoba dan terus belajar.

Back To Top