Kisi-kisi UN SD Bahasa Indonesia 2015/2016
Berikut ini Indikator Soal Materi Ujian Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2015/2016:
1. Disajikan teks bacaan 3-4 paragraf, siswa dapat:-menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, mengapa, atau bagaimana), -membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf, -menentukan kalimat yang sesuai dengan isi salah satu paragraf, -dan menentukan ide pokok salah satu paragraf.
2. Petunjuk penggunaan obat dan produk:-disajikan petunjuk penggunaan obat siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur, -disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
3. Rubrik khusus: - disajikan rubrik khusus surat pembaca siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.
4. Pengumuman: -disajikan cuplikan pengumuman,siswa dapat menentukan isinya
5. Drama: disajikan teks drama siswa dapat -menentukan tokoh utama,- menentukan latar waktu, tempat,suasana, - menentukan amanatnya
6. Menyusun paragraf: disajikan paragraf yang terdiri atas empat kalimat siswa dapat menentukan kalimat utamanya
7. Menyimpulkan percakapan: disajikan teks percakapan siswa dapat menyimpulkan isinya
8. Sinonim, antonim, arti kata sulit, dan makna paragraf: disajikan sebuah paragraf siswa dapat - menyusun pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf - mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat, - menentukan antonim atau sinonim salah satu kata yang terdapat dalam paragraf
9. Peribahasa: disajikan sebuah ilustrasi atau teks siswa dapat menentukan peribahasa yang tepat sesuai ilustasi tersebut
10. Ungkapan: disajikan sebuah ilustrasi atau teks siswa dapat menentukan ungkapan yang sesuai ilustrasi tersebut
11. Pantun: disajikan pantun siswa dapat menentukan pesan yang terkandung didalamnya
12. Perbandingan isi dua teks: disajikan dua teks siswa dapat menentukan persamaanya
13. Jadwal perjalanan: disajikan jadwal perjalanan beberapa kendaraan berbagai jurusan siswa dapat - membuat pernyataan yang sesuai isi jadwal - menentukan kendaraan tertentu yang tepat sesuai dengan tujuan
14. Puisi: siswa dapat menentukan isi/ maksud yang terkandung di dalamnya
15. Cerita anak: disajikan cuplikan cerita anak siswa dapat menyimpulkan isinya
16. Membaca laporan: disajikan cuplikan laporan siswa dapat - menentukan isinya - memperbaiki kalimat yang salah strukturnya
17. Topik percakapan: disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topiknya
18. Menulis ringkasan: disajikan satu teks paragraf siswa dapat- menentukan ringkasannya - menentukan temanya - menentukan pesan yang terkandung didalamnya
19. Makna puisi : disajikan teks puisi pendek siswa dapat - menentukan pernyataan yang sesuai isi puisi- menentukan makna kata pada puisi yang disajikan
20. Urutan petunjuk membuat sesuatu: disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang runtut
21. Paragraf padu: disajikan 4 kalimat yang disusun secara acak,siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu
22. Kalimat majemuk dan kata hubung: - disajikan dua kalimat tunggal siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat - disajikan kalimat rumpang siswa dapat melengkapi dengan kata hubung yang tepat
23. Menulis surat: - disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap siswa dapat melengkapi dengan pilihan kata yang tepat - disajikan kalimat surat yang belum lengkap siswa dapat menentukan tanda baca yang tepat
24. Pengumuman: disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap siswa dapat melengkapi dengan pilihan kata yang tepat
25. Melengkapi dialog : disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat
26. Mengisi formulir: disajikan formulir dan ilustrasi siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan ilustrasi yang disajikan
27. Menulis teks pidato: disajikan teks pidato yang belum lengkap siswa dapat - melengkapi dengan kalimat ajakan yang tepat, - memperbaiki kalimat yang ejaannya salah
28. Menyusun laporan : - disajikan cuplikan laporan siswa dapat membetulkan ejaan yang salah, - disajikan laporan yang dirumpangkan siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang lengkap
29. Melengkapi pantun:disajikan sebuah pantun yang belum lengkap siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat
30. Mendeskripsikan gambar : disajikan gambar kegiatan siswa dapat menyusun sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar
31. Melengkapi paragraf rumpang : disajikan paragraf rumpang siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat
Kisi-kisi UN SD Matematika 2015/2016
Berikut ini kumpulan 40 indikator materi soal mata pelajaran MATEMATIKA tahun pelajaran 2015/2016
1. siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah
2. siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah
3. siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat
4. siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan
5. siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan
6. siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya
7. siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya
8. disajikan dua buah bilangan, siswa dapat menentukan KPK atau FPB dalam bentuk faktorisasinya
9. disajikan tiga buah bilangan dua angka siswa dapat menentukan KPK atau FPBnya
10. siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK
11. siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB
12. siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua
13. siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga
14. siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga
15. siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang disajikan dalam soal cerita sederhana
16. siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volume
17. siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ukuran berat atau satuan luas
18. siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu
19. siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan
20. siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan
21. siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi atau rusuk)
22. siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan
23. siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang
24. disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat menghitung luasnya
25. siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana
26. siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal setengah lingkaran)
27. siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume kubus atau balok
28. siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui
29. siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui
30. diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik
31. siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang yang disajikan
32. siswa dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan
33. siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel
34. siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran
35. siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data
36. siswa dapat menentukan nlai rata-rata dari data berbentuk tabel
37. siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang
38. siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan
39. siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk soal cerita
40. siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah dari data yang disajikan
Kisi-Kisi UN SD IPA
40 Indikator Materi Soal Ujian IPA Tahun Pelajaran 2015/2016:
1. Ciri khusus makhluk hidup
2. Dasar pengelompokan makhluk hidup
3. Manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia/ lingkungan
4. Pentingnya pelestarian hewan/ tumbuhan
5. Perkembangbiakan hewan/ tumbuhan
6. Daur hidup hewan
7. Simbiosis makhluk hidup
8. Rantai makanan dan peran makhluk hidup dalam ekosistem
9. Peran atau manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup di sekitarnya
10. Pengaruh kegiatan manusia terhadap ekosistem
11. Tujuan adaptasi makhluk hidup
12. Fungsi jaringan tumbuhan
13. Fungsi alat indera
14. Sistem pernafasan manusia
15. Sistem pencernaan manusia
16. Sistem peredaran darah
17. Sistem rangka
18. Fungsi zat makanan
19. Ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia
20. Pencegahan penyakit
21. Perubahan wujud zat
22. Sifat bahan
23. Pengaruh suhu
24. Perpindahan panas
25. Jenis-jenis gaya
26. Pengaruh gaya
27. Pesawat sederhana
28. Sumber bunyi
29. Sifat-sifat cahaya
30. Perubahan energi
31. Energi alternatif
32. Rangkaian listrik
33. Jenis-jenis tanah
34. Manfaat sumber daya alam
35. Kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi
36. Jenis sumber daya alam
37. Planet
38. Gerakan bumi dan bulan
39. Gerhana
40. Kalender masehi dan hijriah