KISI-KISI UJIAN TULIS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran
|
: BAHASA JAWA
|
|
Alokasi Waktu
|
: 120 menit
|
|
Jumlah Soal
|
: 50 Soal
|
|
Bentuk Soal
|
: a. Pilihan Ganda
|
: 35 Soal
|
|
b.
Isian
|
: 10 Soal
|
|
c.
Uraian
|
: 5 Soal
|
|
|
|
No.
Urut
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas/
Smt
|
Indikator
|
No.
Soal
|
1.
|
3.
Membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan
berbagai bentuk bacaan secara tepat.
|
3.2 Membaca pemahaman.
|
IV/1
|
·
Disajikan dua paragraf bacaan, siswa dapat menjawab
pertanyaan dengan menggunakan kata tanya “apa”.
|
1
|
3.1
Membaca indah geguritan.
|
IV/1
|
·
Disajikan satu bait geguritan,
siswa dapat menentukan pesan yang terkandung dalam geguritan.
|
2
|
||
2.
|
4. Menulis menggunakan huruf Latin dan Jawa
sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.
|
4.2 Menulis pengumuman.
|
IV/1
|
·
Disajikan sebuah
kalimat, siswa dapat menentukan sinonim dari salah satu kata dalam kalimat.
·
Siswa dapat menentukan penulisan kalimat berita yang benar.
|
3
4
|
4.1
Menulis kalimat dengan huruf Jawa dengan sandhangan panyigeg dan wyanjana.
|
IV/1
|
·
Siswa dapat menentukan penulisan sebuah kalimat tanya
dalam huruf Jawa yang menggunakan sandhangan
panyigeg atau wyanjana.
|
5
|
||
3.
|
7.
Membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan
berbagai bentuk bacaan secara tepat.
|
7.2 Mengapresiasikan tembang Macapat.
|
IV/2
|
·
Disajikan satu bait tembang
Pocung siswa dapat menjawab teka-teki dalam tembang Pocung tersebut.
|
6
|
4.
|
8. Menulis menggunakan huruf
Latin/ Jawa sesuai aturan
serta dapat menggunakan dalam
berbagai keperluan.
|
8.2 Menulis disposisi.
|
IV/2
|
·
Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan menggunakan tembung wilangan.
|
7
|
5.
|
3.
Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca.
|
3.1 Membaca indah/ melagukan tembang Macapat.
|
V/I
|
·
Disajikan tembang
macapat “Sinom”, siswa dapat menentukan guru lagu dan guru wilangan pada
salah satu gatra.
|
8
|
3.2
Membaca pemahaman.
|
|
·
Disajikan sebuah paragraf bacaan dengan tema
“Kepahlawanan” siswa dapat menentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan yang
menggunakan kata tanya “dimana”.
|
9
|
||
3.3
Membaca cepat tulisan huruf Jawa.
|
|
·
Disajikan sebuah kata yang mengandung suku kata re/ le,
siswa dapat menentukan penulisan dengan huruf Jawa yang benar.
|
10
|
||
6.
|
4. Mengungkapkan gagasan,
pendapat dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah
berbahasa (paramasastra) dengan
huruf Latin/ huruf Jawa.
|
4.1
Menulis kalimat dengan basa
rinengga.
|
V/I
|
·
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan tembung panyandra perangane awak.
|
11
|
·
Siswa melengkapi kalimat rumpang dengan tembung pepindhan yang tepat.
|
12
|
||||
4.1 Menulis
dengan huruf Jawa menggunakan pasangan
ha sampai la.
|
V/I
|
·
Siswa dapat menentukan penulisan kalimat dalam huruf Jawa
yang menggunakan pasangan ha sampai
dengan la.
|
13
|
||
7.
|
7.
Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca.
|
7.1 Membaca indah geguritan.
|
V/II
|
· Disajikan sebuah teks geguritan , siswa dapat menentukan latar tempat/ waktu kejadian
dalam geguritan tersebut.
|
14
|
|
|||||
8.
|
8. Menulis karangan dalam
berbagai ragam bahasa sesuai kaidah bahasa Jawa.
|
8.2
Mengapresiasi cerita rakyat / dongeng.
|
V/II
|
· Disajikan penggalan cerita rakyat/ dongeng setempat
yang umum dikenal, siswa dapat :
-
menentukan tokoh
utama.
-
menentukan watak/karakter
salah satu tokoh.
|
15
16
|
8.1
Menulis kalimat dengan huruf Latin dan huruf Jawa dengan menggunakan pasangan pa sampai nga.
|
V/II
|
· Disajikan sebuah kalimat yang rumpang, siswa dapat
melengkapi dengan kata yang menggunakan seselan
-um-/ -in- yang tepat.
|
17
|
||
8.3 Menulis karangan.
|
V/II
|
· Disajikan sebuah paragraf rumpang, siswa dapat
melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
18
|
||
9.
|
2.
Mengungkapkan pikiran, pendapat,
gagasan serta perasaan menggunakan tata
krama basa Jawa (unggah-ungguh).
|
2.2 Melakukan
wawancara.
|
VI/1
|
·
Disajikan sebuah kalimat
wawancara rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata dalam basa ngoko.
·
Siswa dapat memilih kalimat
tanya yang tepat untuk wawancara mengenai perjuangan.
|
19
20
|
10.
|
4.
Menulis karangan dalam berbagai
ragam bahasa sesuai dengan teknik membaca.
|
4.1 Menulis
karangan.
|
VI/1
|
·
Siswa dapat melengkapi sebuah
kalimat dengan tembung saroja yang
tepat.
|
21
|
11.
|
3. Membaca dan memahami ragam teks bacaan
dengan berbagai teknik membaca.
|
3.1 Membaca
pemahaman.
|
VI/1
|
·
Disajikan teks bacaan sederhana
bertema “bencana alam”, siswa dapat:
-
menentukan judul bacaan yang
tepat.
-
menentukan kesimpulan isi
bacaan.
|
|
22
23
3.2 Membaca
indah geguritan.
VI/1
·
Disajikan teks geguritan sederhana bertema “bencana
alam”, siswa dapat :
-
menentukan isi geguritan.
-
menjelaskan arti salah satu
kalimat dalam geguritan.
24
25
12.
4.
Mampu menulis karangan dalam berbagai
ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1 Menulis karangan.
VI/1
·
Siswa dapat melengkapi kalimat
rumpang dengan paribasan yang
tepat.
·
Disajikan sebuah kalimat, siswa
dapat menentukan paribasan yang
sesuai.
26
27
4.2
Menulis kalimat berhuruf Jawa.
VI/1
·
Siswa dapat menentukan penulisan
kalimat dengan huruf Jawa.
28
13.
6.
Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan serta perasaan menggunakan
tata krama basa Jawa (unggah-ungguh).
6.3
Menyampaikan pesan/ informasi
yang diperoleh dari nara sumber.
VI/2
·
Siswa dapat mengubah kalimat
tidak langsung (ukara crita)
menjadi kalimat langsung (ukara kandha).
·
Siswa dapat mengubah kalimat
aktif (ukara tanduk) menjadi
kalimat pasif (ukara tanggap).
29
30
14.
7
Membaca dan memahami ragam
teksbacaan dengan berbagai teknik membaca.
7.3
Membaca indah/ melagukan tembang Macapat.
VI/2
·
Disajikan deskripsi paugeran tembang Macapat, siswa dapat menentukan nama paugeran tersebut.
31
15.
8
Menulis karangan menggunakan
gagasan, pendapat untuk berbagai keperluan dengan huruf Latin/ huruf Jawa
secara tertulis.
8.2 Menulis karangan.
VI/2
·
Siswa dapat melengkapi kalimat parikan.
·
Siswa dapat menentukan wasesa kalimat.
32
33
16.
6.
Mengungkapkan pikiran,
pendapat, gagasan, serta perasaan menggunakan tata krama basa Jawa (unggah-ungguh).
6.1 Berpidato/memberi
sambutan berbagai acara di sekolah.
VI/2
·
Disajikan teks pidato rumpang
pada bagian penutupnya, siswa dapat :
-
menentukan isi pidato.
-
melengkapi kalimat penutup
pidato.
34
35
17.
2.
Mampu mengungkapkan pikiran,
pendapat, serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat yang benar
sesuai dengan tata krama .
2.1
Bercerita tentang pengalaman
yang menarik dengan unggah-ungguh basa
yang baik.
IV/1
·
Disajikan sebuah kalimat basa ngoko, siswa dapat mengubah
sebuah kata menjadi basa krama.
36
18.
8.
Menulis menggunakan huruf Jawa/
Latin sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.
8.1
Menulis kalimat dengan huruf
Jawa yang mengandung ater-ater dan panambang.
IV/2
·
Disajikan satu kata dalam huruf
Jawa yang mengandung ater-ater dan panambang, siswa dapat mengubah dalam
huruf latin.
37
19.
3.
Membaca dan memahami ragam teks
bacaan dengan berbagai teknik membaca.
3.1
Membaca indah/ melagukan tembang Macapat.
·
Disajikan satu bait tembang Kinanthi, siswa dapat
menyebutkan guru gatranya.
38
3.2
Membaca pemahaman.
V/1
·
Disajikan sebuah paragraf
bertema “budaya”, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi paragraf.
39
20.
4.
Mengungkapkan gagasa, pendapat
dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa (paramasastra)
dengan huruf Latin/huruf Jawa.
4.2
Menulis dengan huruf Jawa
menggunakan pasangan ha sampai la.
V/1
·
Disajikan sebuah kalimat pendek,
siswa dapat menulis dengan huruf Jawa
yang menggunakan pasangan.
40
21.
3.
Membaca dan memahami ragam teks
bacaan dengan berbagai teknik membaca.
3.1
Membaca pemahaman.
VI/1
·
Disajikan satu paragraf cerita
wayang Pandhawa, siswa dapat
menentukan tokoh utama dalam cerita.
·
Siswa dapat melengkapi kalimat
dengan nama lain dari salah satu tokoh Pandhawa.
·
Disajikan sebuah gambar tokoh
wayang, siswa dapat menentukan nama tokoh.
41
42
43
22.
8.
Mengungkapkan gagasan, pendapat
untuk berbagai keperluan dengan huruf Latin dan huruf Jawa.
8.1
Menulis surat pribadi.
8.2
Menulis karangan.
VI/2
·
Disajikan contoh surat, siswa
dapat menyebutkan jenis surat tersebut.
·
Siswa dapat melengkapi kalimat
dengan tembung entar.
44
45
23.
8.
Menulis menggunakan huruf Latin/
Jawa sesuai aturan serta dapat
menggunakan dalam berbagai keperluan.
8.2 Menuliskan
disposisi/ cara membuat sesuatu atau langkah.
IV/2
·
Disajikan gambar sebuah benda,
siswa dapat menentukan langkah-langkah pembuatan dalam 4 (empat) kalimat yang
runtut.
46
24.
8.
Menuliskan karangan dalam
berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah bahasa.
8.3 Menulis
karangan.
V/2
·
Disajikan 4 (empat) kalimat
acak, siswa dapat mengurutkan menjadi paragraf yang padu.
47
25.
7.
Membaca dan memahami teks bacaan
dengan berbagai teknik membaca.
7.1
Membaca indah/ melagukan tembang
Macapat.
VI/2
·
Siswa dapat menulis kalimat cangkriman yang berupa tembang Pucung beserta batangannya.
48
26.
4.
Mengungkapkan gagasan, pendapat
dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa (paramasastra) dengan huruf Latin/
huruf Jawa.
4.1
Menulis kalimat dengan basa rinengga.
VI/2
·
Siswa dapat menuliskan satu
contoh kalimat purwakanthi.
49
27.
3.
Membaca dan memahami ragam teks
bacaan dengan berbagai teknik membaca
3.3 Membaca indah geguritan
VI/ 1
Disajikan satu bait geguritan bertema
pendidikan, siswa dapat membuat parafrasenya.
50