KISI-KISI UJIAN TULIS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran
|
: BAHASA JAWA
|
|
Alokasi Waktu
|
: 120 menit
|
|
Jumlah Soal
|
: 50 Soal
|
|
Bentuk Soal
|
: a. Pilihan Ganda
|
: 35 Soal
|
|
b.
Isian
|
: 10 Soal
|
|
c.
Uraian
|
: 5 Soal
|
|
|
|
No.
Urut
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas/
Smt
|
Indikator
|
No.
Soal
|
1.
|
3.
Membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan
berbagai bentuk bacaan secara tepat.
|
3.2 Membaca pemahaman.
|
IV/1
|
·
Disajikan dua paragraf bacaan, siswa dapat menjawab
pertanyaan dengan menggunakan kata tanya “apa”.
|
1
|
3.1
Membaca indah geguritan.
|
IV/1
|
·
Disajikan satu bait geguritan,
siswa dapat menentukan pesan yang terkandung dalam geguritan.
|
2
|
||
2.
|
4. Menulis menggunakan huruf Latin dan Jawa
sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.
|
4.2 Menulis pengumuman.
|
IV/1
|
·
Disajikan sebuah
kalimat, siswa dapat menentukan sinonim dari salah satu kata dalam kalimat.
·
Siswa dapat menentukan penulisan kalimat berita yang benar.
|
3
4
|
4.1
Menulis kalimat dengan huruf Jawa dengan sandhangan panyigeg dan wyanjana.
|
IV/1
|
·
Siswa dapat menentukan penulisan sebuah kalimat tanya
dalam huruf Jawa yang menggunakan sandhangan
panyigeg atau wyanjana.
|
5
|
||
3.
|
7.
Membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan
berbagai bentuk bacaan secara tepat.
|
7.2 Mengapresiasikan tembang Macapat.
|
IV/2
|
·
Disajikan satu bait tembang
Pocung siswa dapat menjawab teka-teki dalam tembang Pocung tersebut.
|
6
|
4.
|
8. Menulis menggunakan huruf
Latin/ Jawa sesuai aturan
serta dapat menggunakan dalam
berbagai keperluan.
|
8.2 Menulis disposisi.
|
IV/2
|
·
Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan menggunakan tembung wilangan.
|
7
|
5.
|
3.
Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca.
|
3.1 Membaca indah/ melagukan tembang Macapat.
|
V/I
|
·
Disajikan tembang
macapat “Sinom”, siswa dapat menentukan guru lagu dan guru wilangan pada
salah satu gatra.
|
8
|
3.2
Membaca pemahaman.
|
|
·
Disajikan sebuah paragraf bacaan dengan tema
“Kepahlawanan” siswa dapat menentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan yang
menggunakan kata tanya “dimana”.
|
9
|
||
3.3
Membaca cepat tulisan huruf Jawa.
|
|
·
Disajikan sebuah kata yang mengandung suku kata re/ le,
siswa dapat menentukan penulisan dengan huruf Jawa yang benar.
|
10
|
||
6.
|
4. Mengungkapkan gagasan,
pendapat dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah
berbahasa (paramasastra) dengan
huruf Latin/ huruf Jawa.
|
4.1
Menulis kalimat dengan basa
rinengga.
|
V/I
|
·
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan tembung panyandra perangane awak.
|
11
|
·
Siswa melengkapi kalimat rumpang dengan tembung pepindhan yang tepat.
|
12
|
||||
4.1 Menulis
dengan huruf Jawa menggunakan pasangan
ha sampai la.
|
V/I
|
·
Siswa dapat menentukan penulisan kalimat dalam huruf Jawa
yang menggunakan pasangan ha sampai
dengan la.
|
13
|
||
7.
|
7.
Membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca.
|
7.1 Membaca indah geguritan.
|
V/II
|
· Disajikan sebuah teks geguritan , siswa dapat menentukan latar tempat/ waktu kejadian
dalam geguritan tersebut.
|
14
|
|
|||||
8.
|
8. Menulis karangan dalam
berbagai ragam bahasa sesuai kaidah bahasa Jawa.
|
8.2
Mengapresiasi cerita rakyat / dongeng.
|
V/II
|
· Disajikan penggalan cerita rakyat/ dongeng setempat
yang umum dikenal, siswa dapat :
-
menentukan tokoh
utama.
-
menentukan watak/karakter
salah satu tokoh.
|
15
16
|
8.1
Menulis kalimat dengan huruf Latin dan huruf Jawa dengan menggunakan pasangan pa sampai nga.
|
V/II
|
· Disajikan sebuah kalimat yang rumpang, siswa dapat
melengkapi dengan kata yang menggunakan seselan
-um-/ -in- yang tepat.
|
17
|
||
8.3 Menulis karangan.
|
V/II
|
· Disajikan sebuah paragraf rumpang, siswa dapat
melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
18
|
||
9.
|
2.
Mengungkapkan pikiran, pendapat,
gagasan serta perasaan menggunakan tata
krama basa Jawa (unggah-ungguh).
|
2.2 Melakukan
wawancara.
|
VI/1
|
·
Disajikan sebuah kalimat
wawancara rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata dalam basa ngoko.
·
Siswa dapat memilih kalimat
tanya yang tepat untuk wawancara mengenai perjuangan.
|
19
20
|
10.
|
4.
Menulis karangan dalam berbagai
ragam bahasa sesuai dengan teknik membaca.
|
4.1 Menulis
karangan.
|
VI/1
|
·
Siswa dapat melengkapi sebuah
kalimat dengan tembung saroja yang
tepat.
|
21
|
11.
|
3. Membaca dan memahami ragam teks bacaan
dengan berbagai teknik membaca.
|
3.1 Membaca
pemahaman.
|
VI/1
|
·
Disajikan teks bacaan sederhana
bertema “bencana alam”, siswa dapat:
-
menentukan judul bacaan yang
tepat.
-
menentukan kesimpulan isi
bacaan.
|
22
23
|
3.2 Membaca
indah geguritan.
|
VI/1
|
·
Disajikan teks geguritan sederhana bertema “bencana
alam”, siswa dapat :
-
menentukan isi geguritan.
-
menjelaskan arti salah satu
kalimat dalam geguritan.
|
24
25
|
||
12.
|
4.
Mampu menulis karangan dalam berbagai
ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis karangan.
|
VI/1
|
·
Siswa dapat melengkapi kalimat
rumpang dengan paribasan yang
tepat.
·
Disajikan sebuah kalimat, siswa
dapat menentukan paribasan yang
sesuai.
|
26
27
|
4.2
Menulis kalimat berhuruf Jawa.
|
VI/1
|
·
Siswa dapat menentukan penulisan
kalimat dengan huruf Jawa.
|
28
|
||
13.
|
6.
Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan serta perasaan menggunakan
tata krama basa Jawa (unggah-ungguh).
|
6.3
Menyampaikan pesan/ informasi
yang diperoleh dari nara sumber.
|
VI/2
|
·
Siswa dapat mengubah kalimat
tidak langsung (ukara crita)
menjadi kalimat langsung (ukara kandha).
·
Siswa dapat mengubah kalimat
aktif (ukara tanduk) menjadi
kalimat pasif (ukara tanggap).
|
29
30
|
14.
|
7
Membaca dan memahami ragam
teksbacaan dengan berbagai teknik membaca.
|
7.3
Membaca indah/ melagukan tembang Macapat.
|
VI/2
|
·
Disajikan deskripsi paugeran tembang Macapat, siswa dapat menentukan nama paugeran tersebut.
|
31
|
15.
|
8
Menulis karangan menggunakan
gagasan, pendapat untuk berbagai keperluan dengan huruf Latin/ huruf Jawa
secara tertulis.
|
8.2 Menulis karangan.
|
VI/2
|
·
Siswa dapat melengkapi kalimat parikan.
·
Siswa dapat menentukan wasesa kalimat.
|
32
33
|
16.
|
6.
Mengungkapkan pikiran,
pendapat, gagasan, serta perasaan menggunakan tata krama basa Jawa (unggah-ungguh).
|
6.1 Berpidato/memberi
sambutan berbagai acara di sekolah.
|
VI/2
|
·
Disajikan teks pidato rumpang
pada bagian penutupnya, siswa dapat :
-
menentukan isi pidato.
-
melengkapi kalimat penutup
pidato.
|
34
35
|
17.
|
2.
Mampu mengungkapkan pikiran,
pendapat, serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat yang benar
sesuai dengan tata krama .
|
2.1
Bercerita tentang pengalaman
yang menarik dengan unggah-ungguh basa
yang baik.
|
IV/1
|
·
Disajikan sebuah kalimat basa ngoko, siswa dapat mengubah
sebuah kata menjadi basa krama.
|
36
|
18.
|
8.
Menulis menggunakan huruf Jawa/
Latin sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.
|
8.1
Menulis kalimat dengan huruf
Jawa yang mengandung ater-ater dan panambang.
|
IV/2
|
·
Disajikan satu kata dalam huruf
Jawa yang mengandung ater-ater dan panambang, siswa dapat mengubah dalam
huruf latin.
|
37
|
19.
|
3.
Membaca dan memahami ragam teks
bacaan dengan berbagai teknik membaca.
|
3.1
Membaca indah/ melagukan tembang Macapat.
|
|
·
Disajikan satu bait tembang Kinanthi, siswa dapat
menyebutkan guru gatranya.
|
38
|
3.2
Membaca pemahaman.
|
V/1
|
·
Disajikan sebuah paragraf
bertema “budaya”, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi paragraf.
|
39
|
||
20.
|
4.
Mengungkapkan gagasa, pendapat
dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa (paramasastra)
dengan huruf Latin/huruf Jawa.
|
4.2
Menulis dengan huruf Jawa
menggunakan pasangan ha sampai la.
|
V/1
|
·
Disajikan sebuah kalimat pendek,
siswa dapat menulis dengan huruf Jawa
yang menggunakan pasangan.
|
40
|
21.
|
3.
Membaca dan memahami ragam teks
bacaan dengan berbagai teknik membaca.
|
3.1
Membaca pemahaman.
|
VI/1
|
·
Disajikan satu paragraf cerita
wayang Pandhawa, siswa dapat
menentukan tokoh utama dalam cerita.
·
Siswa dapat melengkapi kalimat
dengan nama lain dari salah satu tokoh Pandhawa.
·
Disajikan sebuah gambar tokoh
wayang, siswa dapat menentukan nama tokoh.
|
41
42
43
|
22.
|
8.
Mengungkapkan gagasan, pendapat
untuk berbagai keperluan dengan huruf Latin dan huruf Jawa.
|
8.1
Menulis surat pribadi.
8.2
Menulis karangan.
|
VI/2
|
·
Disajikan contoh surat, siswa
dapat menyebutkan jenis surat tersebut.
·
Siswa dapat melengkapi kalimat
dengan tembung entar.
|
44
45
|
23.
|
8.
Menulis menggunakan huruf Latin/
Jawa sesuai aturan serta dapat
menggunakan dalam berbagai keperluan.
|
8.2 Menuliskan
disposisi/ cara membuat sesuatu atau langkah.
|
IV/2
|
·
Disajikan gambar sebuah benda,
siswa dapat menentukan langkah-langkah pembuatan dalam 4 (empat) kalimat yang
runtut.
|
46
|
24.
|
8.
Menuliskan karangan dalam
berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah bahasa.
|
8.3 Menulis
karangan.
|
V/2
|
·
Disajikan 4 (empat) kalimat
acak, siswa dapat mengurutkan menjadi paragraf yang padu.
|
47
|
25.
|
7.
Membaca dan memahami teks bacaan
dengan berbagai teknik membaca.
|
7.1
Membaca indah/ melagukan tembang
Macapat.
|
VI/2
|
·
Siswa dapat menulis kalimat cangkriman yang berupa tembang Pucung beserta batangannya.
|
48
|
26.
|
4.
Mengungkapkan gagasan, pendapat
dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa (paramasastra) dengan huruf Latin/
huruf Jawa.
|
4.1
Menulis kalimat dengan basa rinengga.
|
VI/2
|
·
Siswa dapat menuliskan satu
contoh kalimat purwakanthi.
|
49
|
27.
|
3.
Membaca dan memahami ragam teks
bacaan dengan berbagai teknik membaca
|
3.3 Membaca indah geguritan
|
VI/ 1
|
Disajikan satu bait geguritan bertema
pendidikan, siswa dapat membuat parafrasenya.
|
50
|