KISI-KISI UJIAN SEKOLAH 2015/2016
Uraian Materi
|
Indikator
|
No. Soal
|
Bentuk soal
|
Gagasan utama paragraf
|
1
|
PG
| |
Kalimat utama dan penjelas paragraf
|
o Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama pada paragraf tersebut
|
2
|
PG
|
Persamaan isi berita
|
o Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan persamaan isi berita tersebut
|
3
|
PG
|
Perbedaan penyajian teks berita
|
o Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian berita tersebut
|
4
|
PG
|
Biografi tokoh
|
o Disajikan sebuah paragraf biografi, siswa dapat mengidentifikasi isi paragraf biografi tersebut
|
5
52
|
PG
Esai
|
Iklan
|
o Disajikan sebuah iklan, siswa dapat mengidentifikasi isi iklan tersebut
|
6
|
PG
|
Kalimat fakta
|
o Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat fakta dalam teks iklan tersebut
|
7
|
PG
|
Kalimat pendapat
|
o Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat pendapat dalam teks iklan tersebut
|
8
|
PG
|
Isi paragraf
|
o Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut
|
9
|
PG
|
Pernyataan sesuai isi bagan
|
o Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan pernyataan sesuai isi bagan tersebut
|
10
|
PG
|
Pernyataan sesuai isi grafik
|
o Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan pernyataan grafik tersebut
|
11
|
PG
|
Simpulan isi tabel
|
o Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada tabel tersebut
|
12
|
PG
|
Pertanyaan sesuai isi tabel
|
o Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada tabel tersebut
|
51
|
Esai
|
Pendeskripsian isi denah perjalanan
|
o Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan perjalanan yang paling efektif
|
13
|
PG
|
Menentukan tema, citraan, suasana, nada, dan misi puisi
|
o Disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan tema puisi tersebut
|
14
|
PG
|
o Disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan suasana puisi tersebut
|
15
|
PG
| |
Menentukan watak, latar, sudut pandang pengarang, dalam cerpen
|
o Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut
|
16
|
PG
|
o Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar (waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut
|
17
54
|
PG
Esai
| |
o Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan sudut pandang pengarang dalam cerpen tersebut
|
18
|
PG
| |
o Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam cerpen tersebut
|
19
|
PG
| |
o Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan konflik kutipan cerita tersebut
|
20
|
PG
| |
Menentukan perbedaan tema, latar, sudut pandang, konflik novel
|
o Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan tema novel tersebut
|
21
|
PG
|
Menentukan latar drama dan buktinya
|
o Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan latar/bukti latar drama tersebut
|
22
|
PG
|
Menentukan catatan buku harian
|
o Disajikan ilustrasi pengalaman pribadi, siswa dapat menentukan kalimat dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut
|
23
|
PG
|
Melengkapi pesan singkat
|
o Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut
|
24
|
PG
|
Menentukan susunan kalimat laporan
|
o Disajikan lima kalimat laporan yang belum tersusun secara padu, siswa dapat menyusunnya menjadi paragraf yang padu
|
25
|
PG
|
Menulis pengumuman
|
o Disajikan paragraf ilustarsi, siswa dapat menentukan pengumuman yang tepat berdasarkan ilustrasi.
|
26
|
PG
|
Menulis resensi
|
o Disajikan ilustrasi, siswa dapat mengidentifikasi resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi
|
27
|
PG
|
Melengkapi surat pribadi
|
o Disajikan kutipan surat pribadi yang bagian pembuka, isi, atau penutupnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
|
28
|
PG
|
Melengkapi bagian surat resmi
Memperbaiki bagian surat resmi yang salah
|
o Disajikan kutipan surat resmi yang bagian penutupnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya
|
29
|
PG
|
o Disajikan surat resmi yang bagiannya (pembuka, isi, penutup, alamat, tanggal surat) tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya dengan tepat
|
30
|
PG
| |
Surat pembaca
|
o Disajikan surat pembaca rumpang, siswa dapat menentukan kelengkapan surat pembaca tersebut.
|
31
|
PG
|
Rangkuman
|
o Disajikan bacaan dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut
|
32
|
PG
|
Berita
|
o Disajikan sebuah ilustrasi peristiwa tertentu, siswa dapat menentukan teks berita yang tepat
|
33
|
PG
|
Menentukan slogan berdasarkan konteks
|
o Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai ilustrasi tersebut
|
34
|
PG
|
Iklan
|
o Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan kalimat iklan yang sesuai ilustrasi tersebut.
|
35
|
PG
|
Melengkapi kalimat petunjuk rumpang
|
o Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang beberapa kalimatnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
|
50
|
PG
|
Menyusun kalimat petunjuk yang belum padu/runtut
|
o Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat
|
36
|
PG
|
Menentukan bagian pembuka, isi, atau penutup terhadap berdasarkan konteks
|
o Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian penutup teks pidato yang tepat
|
37
|
PG
|
Menentukan rumusan masalah
Menentukan saran karya ilmiah
Menentukan penulisan daftar pustaka berdasarkan data buku
|
o Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema
|
38
39
|
PG
PG
|
o Disajikan kutipan karya ilmiah, siswa dapat menentukan paragraf saran karya ilmiah tersebut
|
40
|
PG
| |
o Disajikan dua data buku, siswa dapat menentukan penulisan daftar pustaka
|
41
53
|
PG
Esai
| |
Memperbaiki ejaan, tanda baca, pilihan kata, atau kalimat tidak efektif
|
o Disajikan beberapa penggunaan huruf kapital salah dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
|
42
|
PG
|
o Disajikan paragraf yang menggunakan beberapa pilihan kata salah, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
|
43
|
PG
| |
o Disajikan kalimat tidak efektif dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
|
44
|
PG
| |
o Disajikan kalimat dalam paragraf yang penggunaan tanda bacanya salah, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
|
45
|
PG
| |
Melengkapi pantun
|
o Disajikan pantun yang larik sampiran/isinya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
|
46
55
|
PG
Esai
|
Melengkapi puisi
|
o Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi dengan larik bermajas
|
47
|
PG
|
Melengkapi naskah drama
|
o Disajikan kutipan drama yang dialognya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
|
48
|
PG
|
o Disajikan kutipan drama yang petunjuk lakuannya dirumpangkan, siswa dapat menentukan petunjuk lakuan yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut
|
50
|
PG
|